Thursday 3 January 2013

domain tujuan pendidikan


DOMAIN TUJUAN PENDIDIKAN

Sistem klasifikasi tujuan belajaryang secara luas digunakan di Indonesia dewasa ini pada dasarnya menganut system klasifikasi yang dirintis oleh Benjamin S.Bloom bersama kawan-kawan lainya.Ia bersama kawan-kawannya menghasilkan system klasifikasi yang di kenal dengan istilah “Taxconomy of Educational Obyectives”.Tujuan pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga domain,yaitu:
1.      Domain kognitif
2.      Domain afektif
3.      Domain psikomotor
Selain 3 domain tersebut di dalam pendidikan olahraga dikenal juga adanya “domain fisik”.Domain fisik merupakan kajian tentang daya fisik yang mewujudkan gerakan tubuh.Berdasarkan hakekat proses pendidikan yang berlangsungnya simultan dengan proses belajar,maka klasifikasi ini digunakan juga untuk klasifikasi tujuan belajar.

A. Domain Kognitif

Domain kognitif adalah salah satu klasifikasi tujuan pendidikan yang berkenaan dengan aktifitas berfikir, yaitu meliputi ingatan, pengenalan, pengetahuan, serta perkembangan kemampuan dan kecakapan intelektual. Bloom dan kawan-kawannya merumuskan domain kognitif menjadi 6 katagori, yaitu:
  1. Mengetahui, yaitu bisa mengungkapkan kembali atau mengingat tentang informasi yang diterima.
  2. Memahami, yaitu mengerti tentang apa yang diketahui.
  3. Aplikasi, yaitu penggunaan pemikiran,prinsip,aturan-aturan,atau metode-metode yang dimengerti pada situasi tertentu.
  4. Analisis, yaitu penguraian suatu informasi kedalam elemen-elemen atau bagian-bagian agar menjadi luas dan hubungan antar elemen atau bagian itupun lebih jelas.
  5. Sintesis, yaitu pengaturan elemen-elemen atau bagian-bagian menjadi suatu bentuk keseluruhan.
  6. Evaluasi, yaitu pemberian arti tentang nilai suatu materi atau metode dalam kaitanya dengan pencapaian tujuan tertentu.

B. Domain Afektif

Domain afektif adalah klasifikasi ke-2 tujuan pendidikan yang di buat oleh Bloom. Domain ini berkenaan dengan perilaku perasaan atau emosi. Krathwohl, Bloom, dan manusia mengklasifikasikan menjadi 5 katagori yaitu :
  1. Menerima atau memperhatikan, yaitu pelajar menghadapi suatu fenomena atau stimali tertentu dan ia mau menerima atau memperhatikannya.
  2. Menanggapi, yaitu murid tidak hanya sekedar memperhatikan,tapi sudah ada motivasi untuk secara aktif memperhatikan.
  3. Menilai, yaitu murid memberikan penilaian terhadap suatu benda,fenomena, atau perilaku tertentu berharga atau tidak.
  4. Mengorganisasi, yaitu setelah terjadi iternalisasi nilai-nilai secara berangsur-angsur akan terjadi perkembangan.
  5. karakteristik nilai-nilai, yaitu individu berbuat secara konsisten berdasarkan nilai-nilai yang terinternalisasi dalam dirinya.

C. Domain Psikomotor

Domain psikomotor berkenaan dengan gerakan dan kontrol tubuh. Beberapa para ahli mengklasifikasikan  sebagai berikut:
  1. Klasifikasi menurut Ragsdale
Ragsdale di dalam Anita J.Harrov (1977) mengemukakan adanya 3 domain belajar yaitu:
·        Aktifitas gerak Obyek
·        Aktifitas gerak bahasa
·        Aktifitas gerak perasaan
  1. Klasifikasi menurut Kibler,Baker, dan Miles
Kibler,baker,Miles di dalam Harrow membagi ke dalam 4 katagori,yaitu:
·        Gerakan tubuh agal
·        Gerakan terkoordinasi secara halus
·        Komunikasi non verbal
·        Perilaku berbicara
  1. Klasifikasi menurut Floisman
Klasifikasi yang dikembangkan oleh Floisman yang di kemukakan oleh Richard A. Magill menunjukkan kecenderungan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kemampuan-kemampuan gerak. Ada dua hal pokok untuk mengidentifikasi yaitu gerak perceptual dan ketangkasan fisik.
Ada sebelas kemampuan gerak perceptual yang di identifikasi, yaitu:
1.      Koordinasi anggota badan
2.      Kecermatan control
3.      Orientasi respon
4.      Waktu reaksi
5.      Kecepatan gerak lengan
6.      Mengontrol kecepatan
7.      Deksteritas manual
8.      Deksteritas jari
9.      Ketepatan tangan lengan
10.  Kecepatan pergelangan dan jari
11.  membidik
Gerak perceptual adalah sinonim dan dapat digunakan secara bergantian dengan istilah-istilah: psikomotor,sensori motor atau motor.
Kemampuan ketangkasan fisik yang diidentifikasi ada sembilan macam meliputi :
1.      Kekuatan statis
2.      Kekuatan dinamis
3.      Kekuatan eksplosif
4.      Kekuatan togo
5.      Fleksibilitas penguluran
6.      Fleksibilitas dinamis
7.      Koordinasi tubuh keseluruhan
8.      Keseimbangan tubuh keseluruhan
9.      Stamina
  1. Klasifikasi menurut Robert N.singer
Robert N.singer mengemukakan bahwa perilaku dalam domain psikomotor meliputi beberapa macam dimana semuanya dapat saling berhubungan.
Macam-macamnya yaitu:         
·        Menyentuh,memanipulasi,dan menggerakan suatu obyek
·        Mengontrol tubuh terhadap obyek seperti dalam keseimbangan
·        Menontrol tubuh dengan aksi sejenak
  1. Klasifikasi menurut Anita J.Harrow
Anita J.Harrow mengatakan karakteristik unik semua perilaku yang dikategorikan dalam domain  psikomotor adalah aksi yang dilakukan secara sadar dan dapat diamati atau pola-pola aksi yang dilakukan oleh pelajar dan dirancang oleh pendidik sebagai bagian esensial tujuan pendidikan dari kurikulum tertentu yang dibuat.
Harrow juga membuat 6 level yang meliputi:
·        Gerakan reflek yaitu gerakan yang timbul dalam respon terhadap stimulus tanpa kemauan sadar.
·        Gerakan dasar fundamental yaitu gerakan yang di bangun diatas gerakan reflek yang inheran dalam tubuhnya.gerakan ini  dibagi menjadi 3 yaitu lokomotor,non-lokomotor dan manipulatif.
·        Kemampuan perceptual yaitu membantu pelajar dalam menginterprestasi stimuli yang memungkinkan ia membuat penyesuaian terhadap lingkungan.
·        Kemampuan fisik yaitu esensial terhadap fungsi yang efisien dalam domain psikomotor.
·        Gerakan keterampilan yaitu suatu derajat efisiensi dalam melakukan tugas gerak yang kompleks.
·        Komunikasi non-diskursif yaitu level klasifikasi yang meliputi behavior yang dapat di bentuk-bentuk komunikasi gerakan.
  1. Klasifikasi menurut Simpson
Simpson di dalam Magill membuat 7  taraf klasifikasi yaitu:
    • Stimulasi sensori
    • Persiapan
    • Respon selanjutnya
    • Mekanisme
    • Respon tampak yang komplek
    • Penciptaan
  1. Klasifikasi menurut Jewett dan Mullan
Mengklasifikasikan menjadi 3 yaitu:
1.      Generic movement:
·        Perceiving
·        Patterning
2.      Ordinative Movement
·        Adapting
·        Refining
3.      Creative movement:
·        Varying
·        Improvising
·        Composing 
       
D. Domain fisik

Seperti telah dikemukakan di depan bahwa sebenarnya domain fisik telah tercakup di dalam domain psikomotor.Tapi mengingat arti pentingnya kualitas fisik di dalam menunjang keterampilan gerak di dalam ke olahragaan,maka domain fisik perlu memperoleh porsi penanganan  secara kusus.Demikian halnya untuk mencapai kualitas fisik yang juga memerlukan penanganan dengan arah yang spesifik dengan strategi instruksional yang spesifik.
1.         Klasifikasi menurut Annarino
Mengenai domain fisik Anthony dkk membaginya menjadi 4 katagori,yaitu:
·         Kekuatan otot
·        Ketahanan otot
·        Ketahanan kardiovaskular
·        Fleksibelitas
2.         Klasifikasi yang di buat Bouchard
      1) Kualitas organis
·        Kapasitas aerobic
·        Kapasitas anaerobic
2) Kualitas otot
·        Kekuatan otot
·        Kapasitas aerobic otot lokal
·        Kapasitas anaerobic otot local
·        Power
·        Fleksibilitas
3) Kualitas persepsi kinetic
·        Kecepatan mereaksi
·        Kecepatan bergerak
·        Koordinasi syaraf otot
·        Kepekaan kinetic






HAKEKAT BELAJAR GERAK

A. Pengertian Belajar Gerak
Istilah “Belajar Gerak” digunakan sebagai terjemahan dari “Motor   Learning”.  Pengertian belajar gerak tidak lepas dari pengertian belajar pada umumnya. Belajar gerak adalah juga belajar,tapi juga mengandung karakteristik tertentu.
Belajar dianggap sebagai hasil apabila yang di lihat adalah bentuk terakir dari berbagai pengalaman interaksi edukatif. Yang di perhatikan adalah menampaknya sifat-sifat dan tanda-tanda tingkah laku yang di pelajari.
Pengertian tentang belajar dalam bentuk definisi juga ada bermacam-macam,yaitu:
  1. Belajar adalah perubahan-perubahan urat syaraf
  2. Belajar adalah perubahan pengetahuan
  3. Belajar adalah perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan
“Belajar gerak adalah belajar yang diwujudkan melalui respon-respon muscular yang di ekspresikan dalam gerakan tubuh atau bagian tubuh.”

B. Kedudukan Belajar Gerak dalam Olahraga
Pendidikan olahraga merupakan salah satu mata pelajaran yang di berikan di sekolah. Pendidikan olahraga juga dapat di artikan dengan “Pendidikan Jasmani” yang artinya bagian intergral dari proses pendidikan total yang memiliki tujuan untuk mengembangkan warga negara yang segar fisik,mental,emosional dan social melalui medium aktifitas fisik.
Reuben B.Frost menyatakan secara terperinci mengenai fungsi pendidikan olahraga,yaitu:
  • Mengembangkan ketrampilan gerak,pengetahuan tentang bagaimana dan mengapa seseorang bergerak,serta cara-cara gerakan dapat terorganisasi.
  • Belajar menguasai pola-pola gerak ketrampilan secara efektif melalui latihan,pertandingan,tari dan renang.
  • Memperkaya pengertian tentang konsep ruang,waktu dan gaya dalam hubunganya dengan gerakan tubuh.
  • Mengekspresikan pola-pola perilaku personal dan hubungan interpersonal yang benar secara cultural di dalam dan melalui pertandingan olahraga.
  • Meningkatkan kondisi jantung,paru-paru,otot dan system organic tubuh lainya.
  • Memperoleh manfaat dan  menghargai kondisi fisik dan bentuk tubuh fungsional yang baik serta perasaan personal yang selaras.
  • Mengembangkan minat atau keinginan berpartisipasi dalam olahraga sepanjang hidup.
Dengan uraian tersebut jelaslah bahwa belajar gerak merupakan salah satu aspek pentingyang ada di dalam pendidikan olahraga.






















 MAKALAH BELAJAR MOTORIK





Disusun Oleh :

Bagas Adji Lesmana

           K5611019

                                                 PENKEPOR



JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN
 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
 UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012

1. Sebut dan Jelaskan tentang klasifikasi ”Taxonomy of Educational Obyectives ?
• Domain kognitif adalah salah satu klasifikasi tujuan pendidikan yang berkenaan dengan aktifitas berfikir, yaitu meliputi ingatan,pengenalan pengetahuan,serta perkembangan kemampuan dan kecakapan intelektual.
• Domain Afektif adalah domain ini berkenaan dengan perilaku perasaan atau emosi.
• Domain psikomotor ada
lah domain ini berkenaan dengan gerakan atau kontrol tubuh.

2. Rumusan dari domain psikomotor ada beberapa kategori sebut dan jelaskan kategori tersebut !
• Kemampuan gerak perseptual : koordinasi anggota badan,kecermatan kontrol,orientasi respon.
• Ketangkasan fisik : kekuatan statis,kekuatan dinamis,kekuatan explosif.

3. Sebutkan tingkatan kategori menilai !
• Penerimaan terhadap suatu nilai, disini unsurnya adalah mempercayai pernyataan tentang suatu nilai yang ditawarkan kepadanya.
• Pemilihan nilai, murid tidak sekedar menerima nilai-nilai yang ditawarkan kepadanya,tetapi sudah meningkat pada pemilihan atau pencarian nilai-nilai yang diinginkan.
• Keterlibatan, nilai-nilai yang dipilih atau dipercaya mendorong murid untuk berperilaku sesui dengan nilai yang dipilih tersebut.

4. Sebutkan dan jelaskan enam level kategori menurut Harrow !
• Gerakan refleks adalah gerakan atau aksi yang timbul dalam respon terhadap stimulus tanpa kemauan sadar.
• Gerakan dasar fundamental adalah gerakan yang dibangun diatas gerakan refleks yang inheran dalam tubuhnya.
• Kemampuan perseptual adalah membantu pelajar dalam menginterprestasi stimuli yang memungkinkan ia membuat penyesuaian terhadap lingkungan.
• Kemampuan fisik adalah esensial terhadap fungsi yang efisien dalam domain psikomotor.
• Gerakan ketrampilan adalah gerakan ini mengandung suatu derajat efisiensi dalam melakukan suatu tugas gerak yang kompleks.
• Komunikasi non diskursif adalah level klasifikasi yang meliputi behavior yang dapat disebut bentuk-bentuk komunikasi gerakan.

5. Apa yang dimaksud dengan istilah belajar gerak !
• Belajar gerak adalah belajar yang diwujudkan melalui respon-respon muskuler yang diekspresikan dalam gerakan tubuh atau gerakan tubuh.
6. Definisi belajar gerak menurut Gagne !
• Belajar Gerak adalah suatu perubahan pembawaan atau kemampuan yang bertahan dalam periode tertentu dan tidak semata-mata disebabkan oleh proses kematangan.

7. Fungsi Physical Education menurut Frost !
• Mengembangkan ketrampilan gerak,pengetahuan tentang bagaimana dan mengapa seseorang bergerak,serta cara-cara gerakan dapat diorganisasi.
• Belajar menguasai pola-pola gerakan ketrampilan secara efektif melalui latihan,pertandingan,tari dan renang.
• Mengembangkan minat atau keinginan berpartisipasi dalam olah raga sepanjang hidup.
• Memperoleh manfaat dan menghargai kondisi fisik dan bentuk tubuh fungsional yang baik serta perasaan personal yang selaras.
• Memperkaya pengertian tentang konsep,ruang,waktu dan gaya dalam hubunganya dengan gerakan tubuh.